BERITA

Datang Jam 6 Pagi, 500 Warga Rela Antri Buat KTP El

25 Februari 2019

Ditulis oleh : PIAK - Bidang :

SERPONG-Ratusan Warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) rela datang pagi Pukul 06.00 Wib, untuk membuat Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, Sabtu (16/2).

Mereka rela datang sebelum jam pelayanan dibuka pada Pukul 08.00 Wib. Pada Sabtu (16/2) Disdukcapil membuka pelayanan KTP EL untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pembuatan KTP elektronik secara manual dan juga sebagai antisipasi dalam persyaratan Pemilu 2019.

Bahkan ratusan warga meletakan dokumen mereka dilantai dengan ditandai oleh barang-barang miliknya seperti helm, botol minuman dan lain sebagainya.

Kepala Disdukcapil Tangsel, Dedi Budiawan mengatakan, pelayanan hari Sabtu ini mencapai 500 pemohon. “Pemohon ini mayoritas dari tujuh kecamatan, paling banyak Pondok Aren dan Pamulang,”ungkapnya.

Mereka datang untuk melakukan updating KTP, baik mutasi, pengurusan KTP yang hilang, ganti status, rekam baru. “Dari 500 pemohon, tidak ada satupun yang alasannya untuk pemilihan umum (Pemilu).

Pihak Disdukcapil membuka layanan perekaman dan pencetakan KTP El secara manual setiap hari Sabtu mulai 16 Februari hingga 13 April mendatang. Pelayanan dibuka mulai Pukul 08.00 wib dengan jatah pembuatan perharinya yakni 500 keping KTP El.

Dedi mengharapkan dengan adanya gerakan Sabtu ini warga sudah memiliki KTP semua. “Jadi tidak ada alasan warga nanti pada saat Pemilu tidak bisa nyoblos gara-gara tidak punya KTP, gara-gara online susah, jadi kita ada dua pilihan mau online silahkan mau manual silakan,” ucapnya.

“Hanya sampai 13 April sampai Pemilu sesudah Pemilu kembali seperti biasa lagi,” sambungnya.

Dikatakannya, dalam sehari pihak Disdukcapil menyediakan jatah perekaman dan pembuatan sebanyak 500 orang, dan tidak ada kendala.

“Untuk Tangsel jumlah wajib KTP 940 ribu ada selisih sekitar 11 ribu yang belum termasuk pemilih pemula tapi kalau diluar pemilih pemula rekam KTP kita sudah diatas 100%  sekitar 104%,” tuturnya.

Diandra (35) warga Serpong rela mengantri untuk mendapatkan KTP EL. “Saya baru pindah dari Kabupaten Tangerang, jadi saya urus dokumen baru, pas banget hari libur, jadi saya sangat terbantu dengan program Disdukcapil ini,”singkatnya.(irm)

(sumber : tangselpos.co.id, Minggu, 17 / 02 / 2019 20:38 )