BERITA

SISTEM PENDAFTARAN ONLINE TERINTEGRASI

09 Februari 2018

Ditulis oleh : RENDI - Bidang :

 

Mengikuti perkembangan zaman sekarang ini yang serba ONLINE, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan telah memiliki SISTEM PENDAFTARAN ONLINE TERINTEGRASI.

Ini merupakan salah satu upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan menjawab kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat Kota Tangerang Selatan dalam pelayanan Akta Kelahiran.

Jadi masyarakat Kota Tangerang Selatan hanya dengan melalui Handphone Android saja bisa dengan mudah  melakukan pendaftaran Online dari rumah masing –masing.

Tujuan di buatnya Aplikasi SISTEM PENDAFTARAN ONLINE TERINTEGRASI yaitu:

1.  Untuk memudahkan masyarakat khususnya warga Kota Tangerang Selatan dalam pendaftaran Akta Kelahiran.

2.  Lebih Efektif, Evisien dan Cepat dalam proses pembuatan AKta Kelahiran.

3.  Masyarakat dapat mengurus pendaftaran Akta Kelahiran sendiri tanpa melalui perantara / calo.

Untuk pendaftaran Akta Kelahiran dengan menggunakan  SISTEM PENDAFTARAN ONLINE TERINTEGRASI caranya mudah yaitu melalui beberapa tahapan antara lain:

Tahap pertama :

Warga Kota Tangerang Selatan yang ingin membuat Akta Kelahiran  terlebih dahulu membuka Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan melalui Komputer / Handphone yang terhubung internet lalu ketik  www.disdukcapil.tangerangselatankota.go.id

Tahap Kedua:

Setelah terhubung dengan Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan Klik menu Pendaftaran Online.

Tahap Ketiga :

Setelah terhubung, Klik Tautan Pendaftaran di pojok kanan atas.

Di halaman ini masyarakat diharapkan mengisi kolom NIK, Nama lengkap, No HandPhone, Email, Password dan masukan Kode capcha lalu klik DAFTAR.

Tahap Keempat:

Masyarakat akan mendapatkan kode aktifasi yang dikirim melalui SMS ke nomor Handphone yang didaftarkan. Masukan Kode Aktifasi beserta kode Capca. Kemudian simpan.

Kode Aktifasi ini di buat untuk menjaga keamanan data, dan tidak sembarangan warga bisa menggunakan Data Paslu karena akan terlacak.

Tahap Kelima:

Setelah terhubung akan muncul menu Pendaftaran Akta Kelahiran belum memiliki NIK dan Pendaftaran Akta Kelahiran Yang telah memiliki NIK, pilih Salah satu. Berikut ini penjelasannya:

Pendaftaran Akta Kelahiran belum memiliki NIK.

Pelaporan kelahiran online ini diperuntukan bagi bayi yang belum memiliki NIK.

Masa berlaku untuk bayi berusia maksimal 90 hari (sejak dilahirkan).

Pendaftaran Akta Kelahiran telah memiliki NIK.

Diperuntukan bagi warga masyarakat yang telah telah memiliki NIK di dalam Kartu Keluarga namun belum memiliki Akta Kelahiran.

Tahap Keenam :

Isi Semua kolom dengan lengkap jangan sampai ada yang salah, seperti :

A.  Data Bayi atau Anak.

B.  Data Ibu.

C.  Data Ayah.

D.  Data Pelapor.

E.  Data Saksi I (Satu)

F.  Data Saksi II (Dua)

G.  Data Administrasi

Tahap Ketujuh :

Kemudian untuk persyaratan Data Administrasi harus dicentang seperti:

1)  Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/Bidan.

2)  Nama dan Identitas Saksi Kelahiran.

3)  Kartu Keluarga (KK) Orangtua.

4)  Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) Orang Tua.

5)  Kutipan Akta Nikah / Perkawinan orangTua

Tahap Kedelapan :

Pilih Kolom Tanggal Pengurusan

Kapan masyarakat tersebut akan mengurus dan datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil dengan menyerahkan seluruh berkas persyaratan Data Administrasi yang telah di centang

Setelah terisi semua kemudian Klik Kolom Simpan.

Tahap ke Sembilan :

Setelah terdaftar maka pemohon akan mendapatkan bukti pendaftaran Online yang dikirim melalui Email yang harus dibawa ke Kantor Disdukcapil  Kota Tangerang Selatan sesuai waktu yang dipilih. Dan jangan lupa membawa dokumen asli dan fotocopy

Untuk menjaga keamanan dalam pendaftaran online ini memang ada yang kami batasi, dan ini harus kami informasikan juga ke masyarakat diantaranya:

1.  Pemohon / Orangtua bayi harus memiliki Kartu Keluarga dan KTP-el Kota Tangerang Selatan. Jadi yang bisa mendaftar melalui aplikasi pendaftaran online ini khusus warga Kota Tangerang Selatan.

2.  Pemohon yang mendaftar di aplikasi ini hanya bisa mendaftar 1 kali  pada aplikasi sistem pendaftaran online terintegrasi. Hal ini kami batasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti praktek percaloan.

3.  Kolom Pemohon harus di isi biodata  orang tua bayi terutama Bapak  atau Ibu  yang tercantum dalam Kartu Keluarga.

4.  Untuk memangkas jalur birorasi maka Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan ditiadakan. Bagi pemohon yang sudah membuat Surat Keterangan Kelahiran (SKL) dari Kelurahan maka tidak bisa lagi melakukan pendaftarn melalui sistem ini.

5.  Untuk menentukan ketersediaan waktu penyerahan berkas dapat di pilih sesuai dengan keinginan dan harus diingat kuota pendaftaran harian terbatas. Artinya bila kuota pendaftaran telah habis hari ini maka baru bisa keesokan harinya. Dinas Kependudukan dan pencatatan SIpil Kota tangerang Selatan hanya membarikan Kuota 20 pemohon dalam sehari.

6.  Setelah terdaftar masyarakat akan mendapat bukti yag dikirim melalui email dan harus di bawa ke kantor Disdukcapil Kota Tangerang Selatan sesuai dengan waktu yang dipilih.

7.  Jangan lupa membawa dokumen fotokopi dan Asli yang di persyaratkan untuk di verifikasi oleh petugas Disdukcapil Kota tangerang Selatan.