BERITA

Jadi Pilot Project Kemendagri, Disdukcapil Tangsel Banyak Didatangi Kabupaten Kota Lain

25 Oktober 2018

Ditulis oleh : RENDI - Bidang :

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan banyak didatangi kabupaten/kota yang ada di Indonesia setelah Disdukcapil Tangsel menjadi pilot project Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pemanfaatan data.

Satu di antaranya adalah Disdukcapil Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi yang mengunjungi Disdukcapil Kota Tangsel guna mengetajui pemanfaatan data tersebut.

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kota Tangsel, Ernawati, menjelaskan, semenjak menjadi pilot project banyak kabupaten atau Kota yang berkunjung ke Tangsel, mereka datang untuk melihat pemanfaatan data yang ada di Tangsel, serta inovasi apa saja yang sudah dilakukan di Tangsel.

“Mereka banyak menanyakan masalah pengelolaan jaringan di disdukcapil Tangsel seperti apa, dan aplikasi yang dibuat apakah sudah terintegrasi dengan kominfo atau belum, dan mereka juga ingin adopsi aplikasi siduta,” ungkap Ernawati, Selasa (25/9/2018).

Sementara Kepala Disdukcapil Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Aruji, menjelaskan, kunjungan dirinya bersama kepala Kominfo Tanjung Jabung Timur dan staf Disdukcapil terkait penerapan aplikasi berbasis nomor induk kependudukan.

“Kita ingin belajar di Disdukcapil terkait pemanfaatan data kependudukan ini, karena Disdukcapil Tangsel merupakan pilot project Kementerian,” ungkap Aruji.

Banyak pengetahuan dan inovasi yang didapat dalam kunjungan ini, seperti halnya inovasi Siduta atau sistem informasi data kependudukan.

“Kita akan ingin mengadopsi siduta tersebut, danditerapkan di Tanjung Jabung Timur,” lanjutnya.

Disdukcapil Tangsel pun patut bangga karena dipercaya oleh Kemendagri untuk pemanfaatan data, karena hanya Tangsel yang bisa langsung datanya terkoneksi kemendagri. 

(Sumber : Wartakotalive.com)