BERITA

Dukcapil Tangsel Bakar 10 Ribu E-KTP Yang Rusak

14 Desember 2018

Ditulis oleh : RENDI - Bidang :

TANGERANG-Puluhan ribu KTP el rusak dan invalid dari 7 Kecamatan se-Tangerang Selatan, dimusnahkan dengan cara dibakar, Jumat (14/12). Pemusnahan ini, merujuk pada surat edaran Kemendagri nomor 470.13/ 1176/SJ tentang penataan KTP el rusak atau invalid.

“Jumlahnya masih kami hitung, perkiraan saja diatas 10 ribu,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kota Tangsel, Dedi Budiawan, Jumat (14/12).

Diterangkan Dedi, sebelum terbitnya SE tersebut, KTP el rusak dan invalid yang tersimpan di kantor-kantor Kecamatan se-Tangsel itu, dirusak dengan cara digunting atau dibolongkan.

“Kalau sebelumnya itu kami rusak dengan dbolongin atau di patahkan. Karena SE baru Kemendagri itu harus dibakar, ya kami lakukan dengan dibakar,” terang dia.

Menurut dia, KTP el dan non KTP el yang rusak dan invalid itu, berasal dari pemutakhiran data warga.

“Karena banyak yang mutasi, pindah-datang. Sebelumnya terdata belum kawin, kemudian kawin, yang kawin ditinggal, menjadi duda atau janda, yang seperti itu,” ucap dia.

Diterangkan dia, jumlah KTP rusak dan invalid yang dilakukan pemusnahan itu, berasal dari 7 kecamatan se-Tangerang Selatan, yang tersimpan sejak tahun 2011 lalu.

“Dari mulai 2011, karena dulu perintahnya di simpan dulu, kalaupun harus dirusak dengan di potong atau dibolongin. Instruksinya tidak harus menyerahkan ktp el invalid ke Kemendagri, tapi bisa dimusnahkan langsung. Mungkin kota kabupaten lain di lakukan di kecamatan, kalau Tangsel, karena kecamatannya sedikit dan dekat-dekat lokasinya, kita jadikan satu semua di Dinas,” ucap Dedi. (Raja Tama)

 (Sumber : Berit Moneter.com, diterbitkan Jumat 14 Dec 2018, 4 : 11 pm)