BERITA

PELAYANAN KIA

09 Januari 2019

Ditulis oleh : RENDI - Bidang :

Metrobanten, Tangsel – Kartu Identitas Anak atau KIA merupakan kartu Identitas layaknya KTP yang diperuntukkan bagi anak-anak dibawah usia 17 tahun.

KIA sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu untuk anak usia 0-5 tahun dan 5-17 tahun kurang satu hari. Kartu ini memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk mempermudah segala urusan administrasi publik.

KIA tentunya tak berlaku selamanya, ketika sudah berumur 17 tahun mereka tetap harus menggantinya dengan KTP. Nah KIA hari ini, Kamis (9/1/19) diadakan di Transmart Graha Raya Bintaro, Perum Graha Raya Blok CP 03 A Kelurahan Paku Jaya, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan (Tangsel).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Tangsel, Dedi Budiawan, mengatakan, kartu KIA tersebut berwarna merah muda dimana fungsinya sama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), fungsi utama KIA adalah sebagai identitas anak.

“Ya seperti KTP pada orang dewasa saja,” ujar Dedi.

Dedi menjelaskan, awal dibuka  rencana untuk kolektif sekolah via online mulai besok tanggal 14 Januari. Karena awal saat dikolektif masih sedikit peminatnya

“Kita buka loket sampe 4 bulan. Berhasil 44 ribu yang sudah memiliki KIA,” katanya.

Menurut Dedi, antusias warga sangat baik hingga memadati ruangan. “Banyaknya antusias masyarakat yang ingin membuat KIA sehingga ruangan kami tidak dapat menampung sehingga kita kembali kerencana semula nantinya dengan memberlakukan sistem kolektif sekolah,” katanya.

Disamping itu, Dedi mengatakan, pihaknya melakukan pelayanan keliling baik di Mall, Sekolah, Kelurahan, dan Kecamatan. Pelaksanaannya sudah sesuai dengan peraturan menteri, dimana boleh bekerja sama dengan sejumlah vendors yang bisa memberikan diskon atau promo menarik dengan menunjukkan KIA.

“Kegunaannya banyak sekali KIA mah, di antaranya kami kerjasama dengan vendors-vendors seperti KFC, MCD, Gramedia, Gunung Agung, bisa buka bank BJB, beli tiket kereta pun bisa,” katanya.

Manager Kid City Transmart Graha Raya Bintaro, Agung Hari Bowo mengatakan, kita sangat mendukung apa yang dilakukan pemerintahan  dengan menyediakan tempat sarana dan prasarana.
 
“Dengan adanya pembuatan KIA disini menambahkan pengunjung yang datang ke Transmart sebanyak 3 kali lipat dihari biasanya,” tuturnya.

“Kami pun memberikan promo bagi mereka yang telah mendapatkan KIA  dengan cara menunjukan KIA di Kids City Transmart dan melakukan pembelian voucher seharga 100 ribu akan mendapat bonus free wahana sebesar 40 ribu”, pungkasnya.  (Dli)